Selamat Datang di Blog Guru Pembelajar, Blognya Guru yang Mau Belajar... Blog ini Diberdayakan oleh Eko Sutrisno, S.Pd.Mat. Guru Matematika di SMK Komputama Majenang Pengumuman UTN 2017 ~ Blog Guru Pembelajar

Sabtu, 30 Desember 2017

Pengumuman UTN 2017


Hal yang paling membosankan dalam dunia ini adalah menunggu, saya rasa semua sepakat akan hal itu. Begitu halnya dengan para peserta Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang kebetulan mendapat panggilan pada tahun 2017 ini. Para peserta PLPG harap-harap cemas menunggu pengumuman kelulusan UTN 2017, karena yang menjadi momok para peserta dalam pelaksanaan PLPG memang titik beratnya pada Ujian Tulis Nasional (UTN), bahkan ada yang beranggapan bahwa kelulusan PLPG hanya ditentukan oleh UTN saja.

Sempat kabar terlintas, tidak tahu dari mana sumbernya bahwa pengumuman UTN ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2017 lalu, penantian yang cukup panjang bagi peserta yang dapat panggilan pada Tahap 1, dari pelaksanaan sekitar bulan September kemarin. Bagi yang dipanggil pada tahap terakhir, hanya beberapa hari penantian pengumuman kelulusan UTN ini, karena pelaksaan PLPG tahap terakhir berakhir pada awal desember lalu.

Hari ini sudah tanggal 30 Desember 2017, akan tetapi belum ada tanda-tanda pengumuman UTN dilaksanakan, dibeberapa LPTK penyelenggara PLPG pun belum ada info terkait pengumuman UTN tahun ini, kebanyakan masih menyajikan info-info pelaksanaan PLPG tahap terakhir. Hal ini makin menambah gelisah para peserta yang memang sudah menanti-nantikan pengumuman kelulusan UTN ini. Apa lagi bagi peserta yang mengikuti Program Keahlian Ganda (PKG), program yang dicetuskan pemerintah tahun lalu lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai terobosan mengatasi kekurangan guru Produktif di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sudah melewati tahap akhir proses yaitu PLPG. Para peserta PLPG KG yang notabenenya berasal dari keahlian yang berbeda, bukan bidangnya harus bekerja keras dalam mempelajari ilmu baru yang mungkin baru diketahuinya dari PKG ini. Semoga para peserta PKG dapat lulus semua dengan hasil yang memuaskan.


Hal-hal yang perlu disiapkan dalam Melihat Pengumuman

Baik teman-teman guru di seluruh Nusantara, berikut akan saya bagikan tips dan hal-hal apa sajakah yang perlu disiapkan dalam  melihat pengumuman kelulusan, sembari menunggu pengumuman di luncurkan oleh LPTK masing-masing. Apa sajakah ??? kita lihat saja di bawah ini:






  1. Mental, point ini sangat penting karena jika mental kita sudah siap, maka hasil apapun akan kita terima dengan lapang dada, ikhlas dan sabar. Lulus Alhamdulillah, itu yang sangat diharapkan, belum lulus ya hendaklah kita bersabar, mungkin ada hikmah dibalik itu semua.
  2. Komputer/Laptop/Notebook/Tablet/HP canggih, ato apalah istilahnya buat peralatan yang dapat membuka dan terkoneksi jaringan internet. Dengan alat-alat tersebut kita dapat membuka pengumuman kelulusannya tentunya. Pengumuman jaman now semua serba internet, tidak repot seperti jaman kita kecil dulu, harus membeli koran atau melihat di papan pengumuman, nambah modal banyak tentunya.
  3. Jaringan internet (paket data/thetering tetangga/modem/wifi gratisan swalayan/wifi gratisan sekolah), tanpa jaringan internet tentunya tidak bisa kita membuka situs-situs yang dimiliki oleh LPTK penyelenggara lokasi PLPG Anda semua. Kalo yang punya paket data bisa dibuka di HP android canggih Anda, kalo tidak punya (tanggal tua, red) bisa tathering punya tetangga, tapi bilang dong jangan mencuri, membajak, mbobol pasword istilah populernya, itu perbuatan yang tidak baik, OK. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan Wifi swalayan, tapi jangan cuma-cuma gitu dong malu-maluin ahhhh, ya sambil sekedar beli minuman dan cemilan sedikit ga papa kan???. Jika semua itu gagal, jurus pamungkas kita, nongkrongin sekolahan sambil numpang wifi sekolah, mumpung liburan semester, tentunya tidak akan ketahuan anak-anak didik kita, betul???
  4. Kartu peserta PLPG kamu. Nah loh, dimana Anda menyimpan kartu peserta yang senantiasa menyertai pada saat PLPG kemarin, buruan dicari sebelum terlambat. Karena kita akan mebutuhkan NUPTK dan Nomor Peserta PLPG yang ada di kartu peserta itu. Ayoo cari...
  5. Cemilan, ini penting jangan disepelakan. Pada saat kita menerima keputusan yang tidak sesuai dengan harapan, dengan perasaan perih dan sedih, kita bisa makan cemilan yang sudah kita siapkan, jangan gigit jari, bahaya, sakit, tar malah merepotkan tetangga, hehehe...
  6. Terakhir siapkan duit yang banyak, tenang sebentar lagi tanggal 1, saatnya gajian bukan??? Wujud rasa syukur kita atas berita gembira yang kita terima, traktir dong teman-teman yang ada di samping Anda. terutama yang kasih tips ini yahhhh, ok. saya siap kok ditraktir oleh teman-teman semua.
  7. Selamat mencoba tips ini, semoga bermanfaat.. Apabila bermanfaat, jangan lupa follow, like, dan sebarkan artikel ini ok. Apabila kurang puas, langsung hubungi saya, jangan hubungi dokter, ga sakit khan??? 
Prosentase Kelulusan PLPG Tahun 2017
 Sumber : www.duniapendidikandansekolah.com

Dari info di atas terlihat bahwa sebanyak 95,22% dari 67.658 peserta PLPG 2017 lulus PLPG dengan beberapa kategori. Sebanyak 19.048 peserta lulus UTN, dan sebanyak 9.293 peserta lulus PLPG langsung (dengan nilai UKG di atas 80). Dan sisanya harus mengulang UTN pada tahun 2018 mendatang. 

Untuk kelulusan UTN sendiri dapat dilihat dari situs resmi LPTK penyelenggara PLPG diseluruh Indonesia, berikut kami sajikan link nya khusus bagi Anda yang membutuhkan:
  1.  Universitas Syiah Kuala Banda Aceh [klik di sini]
  2.  Universitas Negeri Medan (UNIMED) [klik di sini
  3.  Universitas Negeri Padang (UNP) [klik di sini]
  4.  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) [klik di sini]
  5.  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung [klik di sini]
  6.  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jogjakarta [klik di sini]
  7.  Universitas Negeri Semarang (UNNES) Jawa Tengah [klik di sini]
  8.  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jawa tengah [klik di sini]
  9.  Universitas Negeri Surabaya [klik di sini]
  10.  Universitas Negeri Malang [klik di sini]
  11.  Universitas Jember (UNEJ) [klik di sini]
  12.  Unversitas Pendidikan Ganesha [klik di sini]
  13.  Universitas Cendrawasih [klik di sini]
  14.  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) [klik di sini]
  15.  Universitas Negeri Makassar [klik di sini]
  16.  Universitas Tadulako [klik di sini]
  17.  UNIB (Universitas Bengkulu) [klik di sini]
  18.  UNSRI (Universitas Sriwijaya) [klik di sini]
  19.  UNRI (Universitas Riau) [klik di sini]
  20.  UNILA (Universitas Lampung) [klik di sini]
  21.  UNJA (Universitas Jambi) [klik di sini] atau [klik di sini]
  22.  UNMUL (Universitas Mulawarman, Kaltim) [klik di sini]
  23.  UNTAN (Universitas Tanjungpura, Pontianak) [klik di sini]
  24.  UNRAM (Universitas Mataram) [klik di sini]
  25.  UNDANA (Universitas Nusa Cendana, Kupang) [klik di sini]
  26.  UNTAD (Universitas Tandulako, Palu) [klik di sini]
  27.  UNHALU (Universitas Halupleo, Kendari) [klik di sini]
  28.  UNIMA (Universitas Negeri Manado) [klik di sini]
  29.  UNG (Universitas Negeri Gorontalo) [klik di sini]
  30.  UNPATTI (Universitas Patimura, Ambon) [klik di sini]
  31.  UNKHAIR (Universitas Khairun, Maluku Utara) [klik di sini]
  32.  UNPAS (universitas Pasundan, Bandung) [klik di sini]
  33.  UNPAK (Universitas Pakuan, Bogor) [klik di sini] atau [klik di sini]
  34.  UNSIL (Universitas Tasikmalaya) [klik di sini]
  35.  UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka) [klik di sini]
  36.  USD (Universitas Sanata Dharma) [klik di sini]
  37.  IKIP PGRI Dinas Pendidikan Kota Semarang [klik di sini]
  38.  UMP (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) [klik di sini]
  39.  UMS (Universitas Muhammadiyah Surakarta) [klik di sini]
  40.  UNIPA (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya) [klik di sini]
  41.  UNP-KEDIRI (Universitas Nusantara PGRI, Kediri) [klik di sini]
  42.  UB-TARAKAN (Universitas Borneo, Tarakan) [klik di sini]
  43.  UNISMUH (Universitas Muhammadiyah) [klik di sini]
  44.  Universitas Islam Nusantara [klik di sini]

0 komentar:

Posting Komentar