Selamat Datang di Blog Guru Pembelajar, Blognya Guru yang Mau Belajar... Blog ini Diberdayakan oleh Eko Sutrisno, S.Pd.Mat. Guru Matematika di SMK Komputama Majenang Membuat penomoran halaman yang berbeda di dokument Ward kamu.... ~ Blog Guru Pembelajar

Minggu, 14 Januari 2018

Membuat penomoran halaman yang berbeda di dokument Ward kamu....

Simpel kadang terlupa, mudah tapi terkadang bikin geli ketika tidak dapat membuatnya. Jika Anda search di google mungkin ada ratusan bahkan ribuan artikel yang memuat hal ini. Akan tetapi saya sendiri sering terlupa ketika sedang membuat proposal yang mengharuskan menggunakan penomoran halaman yang berbeda, yaitu halaman romawi pada Lembar Pengesahan sampai Daftar Isi, serta halaman latin pada Isi dari Proposal tersebut.

Di blog ini akan saya ulas kembali tentang hal tersebut, seperti apa langkahnya yuk kita praktikkan bersama:
1. Letakkan kursor pada lembar Halaman Judul, lalu klik menu Insert, pilih Insert Page Number, pilih Buttom of Page, pilih posisi nomer halaman tersebut akan diletakkan, misal pilih Plain Number 2












2. Jika sudah, maka nomer halaman default akan muncul pada footer. Jika ingin merubah formatnya menjadi format romawi, maka kita klik menu Insert, pilih Insert Page Number, kemudian pilih Format Page Number sehingga muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini, klik panah bawah pada Number Format, pilih format romawi, lalu klik OK.


3. Silahkan cek pada footer, pasti nomor halaman pada footer telah berubah ke dalam format romawi. 

Setelah ini kita akan merubah penomoran halaman pada isi proposalnya mulai dari halaman Pendahuluan. Langkahnya seperti apa?? kita praktikkan bersama yah...
1. Posisikan kursor pada halaman terakhir dari halaman romawi (sebelum BAB I), kemudian klik Layout, pilih Breaks, pada Section Breaks pilih Next Breaks.


2. Jika didapati halaman kosong sebelum halaman BAB I, klik delete sampai BAB I mengisi halaman kosong tersebut. Jika kita cek, maka halaman pada BAB I sudah dimulai dari awal lagi, hanya saja masih format romawi.

3. Untuk menggantinya, silahkan posisikan kursor pada halaman BAB I, kemudian klik menu Insert, pilih Page Number, pilih Format Page Number, pada kotak dialog klik panah bawah pada Number Format, kemudian pilih format angka latin. Lalu klik OK.

4. Jadilah penomoran halaman yang berbeda antara bagian awal proposal dengan halaman isi proposal kita. Selamat mencoba.

Apabila bermanfaat silahkan follow, like and share. Jangan lupa isi buku tamu yah....
by Keko at @eko_ok
  

0 komentar:

Posting Komentar