Selamat Datang di Blog Guru Pembelajar, Blognya Guru yang Mau Belajar... Blog ini Diberdayakan oleh Eko Sutrisno, S.Pd.Mat. Guru Matematika di SMK Komputama Majenang Jualan Online di Tokopedia ~ Blog Guru Pembelajar

Senin, 27 Agustus 2018

Jualan Online di Tokopedia

Hello sobat keko, semoga selalu sehat semua...

Di daerah kita, sekarang sedang menjamur para pedagang kaki lima, sepanjang jalan penuh dengan gerobak berbagai jenis makanan yang ditawarkan... Tamankota, alun-alun semua sudah berubah menjadi arena kuliner...

Coba bayangkan, berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha seperti itu? Apalagi tidak sedikit orang berjualan barang yang sama, dengan jarak yang berdekatan... dan pembeli dari dagangan tersebut hanya masyarakat sekitar situ saja... dengan persaingan yang begitu ketat, citarasa dan varian produk yang dikemas dalam balutan cover yang menarik, yang dapat memenangkan hati para konsumen... wowww begitu beratnya perjuangan hidup ini, hehe...lebay...

Buat sobat keko yang sudah biasa bergelut dengan gadget, memperlakukan smartphone layaknya istri, tentu tidak akan berfikir untuk buka usaha macam itu.. Daripada punya hp canggih cuma buat mainan sosmed saja, Hp mahal tidak menghasilkan, yukkk gabung saja di jual beli online via internet...

Banyak sekali toko-toko online yang sudah menyebar di dunia maya, diantaranya ada Tokopedia, Bukalapak, Sopee, dan lain sebagainya...
Nah sekarang tinggal putuskan mau jualan di toko online yang mana...

Apa? Belum tau caranya?? Hehe, jangan khawatir, saya akan kasih caranya untuk berjualan di tokopedia... mau tau? Ikuti langkahnya, yukkk :

1. Siapkan smartphone kamu / tablet, tentunya yang sudah dilengkapi browser internet yah, dan satu lagi yang paling penting paket data internetnya. Atau minimal nebeng wifi tetangga yah..

2. Buka browser kamu, lalu ketikkan www.tokopedia.com.

3. Silahkan klik daftar jika belum memiliki akun di tokopedia, lalu isi form pendaftaran. Ato menggunakan akun facebook, atau akun google kamu.. tinggal pilih saja.


4. Tampilan setelah login, seperti ini :


5. Lihat tampilan sebelah kiri atas, jika sudah ada nama kamu, maka artinya login kamu di tokopedia sudah berhasil. Utk menambahkan produk yang dijual, silahkan geser ke bawah, lihat bagian kiri di bagian Toko Saya, pilih Tambah Produk. Sehingga ada form isian sebagai berikut:


6. Untuk bagian Informasi produk, kamu diharuskan mengisi gambar produk, klik icon gambar kamera, kemudian cari gambar produk yang akan dijual dari galeri foto kamu.
Untuk nama produk, silahkan isikan nama produk yang hendak kamu jual.
Untuk kategori, silahkan klik tanda panah ke bawah, nanti akan muncul beberapa kategori yang sesuai dengan produk yang akan kamu jual.
Untuk etalase, klik panah kebawah pada kolom pilih etalase, kemudian klik tambah etalase, dan tambahkan nama etalase dikolom sebelah kanannya.

7. Untuk bagian harga, isikan:
Untuk Pesanan minimum/buah (isikan paling sedikit 1 dan paling banyak 10.000).
Untuk Harga, ketik harga satuan produk yang kamu jual.
Jika ada harga khusus untuk grosiran, silahkan klik +Tambah Harga Grosir

Contoh pengisian 2 point di atas sebagai berikut:

8. Isi bagian Pengelolaan Produk
Untuk status produk, isikan sesuai keadaan sebenernya. Klik selalu tersedia, jika dipastikan setiap saat produk Kamu ada. Klik stok terbatas, jika produk kamu tidak setiap saat ada, ato hanya memproduksi sedikit dan butuh waktu pemesanan untuk mendapatkan produk tersebut. Klik stok kosong, jika produk kamu sedah terjual habis dan sedang tidak memproduksi lagi.
Untuk varian produk, jika produk kamu memiliki warna yang lain.
Jumlah stock, isikan sesuai kondisi produk kamu ada berapa untuk saat ini.

9. Isikan deskripsi produk dengan cara:
Untuk kondisi, pilih baru, jika memang produk yang kamu jual barang baru. Klik bekas jika produk yang kamu jual adalah barang bekas.
Untuk deskripsi produk, isikan tentang produk yang kamu jual, ceritakan agar calon pembeli tertarik untuk menjual produk kamu.
Untuk video produk, isikan alamat url/link video (misal link youtube) pada kolom yang disediakan. Jika tidak ada videonya, maka kosongkan saja.

Contoh pengisiannya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


10. Bagian pengiriman
Untuk berat diisi perkiraan berat produk kamu, misal dalam satuan gram.
Untuk Asuransi, jika ada maka klik ya, jika tidak biarkan dalam format opsional.
Untuk preorder, jika produk kamu butuh produksi dulu, maka klik preorder. Dan isikan waktu Prosesnya berapa hari.

Contoh pengisiannya, bisa dilihat pada gambar di bawah ini!

11. Jika sudah semua terisi, langkah terakhir klik Simpan.
Silahkan cek di bagian atas, jika gambar dan nama produk kamu sudah ada, berarti proses perdagangan dan pemasaran siap dilakukan.


Tara... Selamat, kamu sudah punya toko online... ayook tawarkan produk kamu ke teman-teman kamu lewat media sosial, baik facebook, line, instagram, maupun yang lainnya...

Kalo belum jelas silahkan bisa lihat Tutorialnya di sini.

Salam dari keko gurukepo.com








0 komentar:

Posting Komentar